Jumat, 25 Oktober 2013

Mengenal Lebih Dekat Permainan TENNIS

Apa itu Tennis?
Tennis adalah permainan yang dimainkan dua atau empat orang di sebuah lapangan dengan menggunakan raket tennis yang dibatasi oleh sebuah net/ jaring.

Sejarah permainan tennis
Menurut sejarah, tennis sudah dimainkan sebelum masehi yaitu dimainkan menggunakan raket dan bola yang masih kuno. Permainan ini berkembang di mesir dan yunani. Jeu de paume adalah sejenis permainan tennis jaman dulu di perancis yang menggunakan bola yang dibungkus dengan bulu dan pemukulnya memakai tangan.

Pada abad ke 13 permainan ini mendapat sambutan yang hangat di Italia dan Inggris. Permainan tennis berkembang dengan pesat karena banyak peminatnya sehingga negara-negara Eropa lain juga banyak yang memainkan permainan ini.

Antonio da Scalo, seorang pastur dari Italia memperkenalkan sebuah raket yang menggunakan senar pertama kali.  Dia banyak menulis tentang peraturan dalam permainan yang menggunakan bola termasuk Tennis yang saat itu dinamakan Tennis lapangan. Permainan tennis saat itu dianggap sebagai permainan yang elit karena yang memainkannya hanyalah para bangsawan, Tennis yang terkenal di lapangan rumput lalu diadopsi oleh golongan menengah yang menjadikannya sebagai permainan biasa. Book of game sports dan Sporting magazines adalah majalah-majalah yang membahas masalah tennis saat itu pada 1801 yang juga disebut Tennis Panjang.

Leamington adalah klub tennis pertama yang didirikan di Perancis pertama kali oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes, dan Dr. Arthur Tompkins pada tahun 1872. Pada tahun 1877 adalah tahun dimana pertama kali diadakan kejuaraan tennis dunia. Di Amerika permainan sangat berkembang pesat sehingga banyak menghasilkan pemain-pemain tangguh yang menguasai pencatuan Tennis dunia. 

Peraturan
Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service). Lapangan dan beberapa seginya dipisahkan dengan gatis-garis putih yang merupakan bagian dari lapangan tempat bermain tenis. Pemain diberi kesempatan dua kali untuk melakukan servis. Jika salah satu servis masuk maka akan mendapat nilai, jika out semuanya maka lawanlah yang akan mendapat nilai.

Sebuah bola yang dipukul di luar lapangan (meski tidak menyentuh garis) dikatakan telah keluar dan memberi lawan sebuah nilai.



Hitungan dalam permainan Tennis (Skoring)
Dalam permainan tennis cara skoringnya berbeda dengan permainan yang lain. Dimulai dari yang terkecil maka diurutkan menjadi:
Love (nol)
15 (fifteen)
30 (thirty)
40 (fourty)
Game

Jika kedua pemain mendapatkan nilai sama 40-40 maka untuk menentukan pemenang diadakan deuce (jus) dengan cara pemain berusaha mendapatkan nilai 2 poin secara berturut-turut dan mendapatkan satu game.
Satu game akan mendapatkan 1 angka dan seorang pemain harus mendapatkan 6 angka untuk memenangkan game. Jika terjadi 5-5 (berimbang) maka game harus dilanjutkan hingga 7 (beda 2). Tetapi jika masih terjadi 6-6 (imbang lagi) maka akan dilanjutkan dengan tie break.

Tie Break terjadi pada skor game 6-6 dan pemain yang memiliki giliran serve memulainya dari sisi lapangan sebelah kanan pemain (deuce court) satu kali dan kemudian pindah serve pada lawannya yang memulai dari sisi kiri lapangan (ad court) dengan dua kali kesempatan dan selanjutnya masing-masing memperoleh dua kesempatan serve.

Apabila pemain telah memenangkan game-nya hingga 6 atau seperti tersebut di atas, maka pemain tersebut dikatakan merebut 1 set. Standar yang dipakai dalam turnamen tenis menerapkan 2 sistem set, yaitu :
- Best of Three : pemain membutuhkan 2 set untuk memenangkan pertandingan.
- Best of Five : pemain membutuhkan 3 set untuk memenangkan pertandingan.

Gallery:



5 Just my life: Mengenal Lebih Dekat Permainan TENNIS Apa itu Tennis? Tennis adalah permainan yang dimainkan dua atau empat orang di sebuah lapangan dengan menggunakan raket tennis yang dib...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<